cara memulai bisnis online buat pemula 1

Beberapa langkah Mengawali Usaha Online Buat Pemula

Apakah Anda sedang mencari cara bisnis online dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan disamping pekerjaan utama Anda? Atau, apakah Anda juga sedang mencari peluang usaha yang bisa dikerjakan lewat internet?

Tenang, Anda berada di tempat yang tepat, dan Anda tidak sendirian. Banyak orang-orang di luaran sana yang sedang melakukan hal serupa.

Termasuk saya… 😉

Internet yang saat ini memunculkan dunia virtual, ternyata mampu mendorong kita untuk membangun bisnis dengan lebih cepat dan dapat dijadikan sumber penghasilan utama (full time bisnis online).

Nah, disini saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana mengawali usaha melalui internet, plus langkah-langkah yang diperlukan ketika memulai bisnis online, yakni hal-hal inti yang penting untuk dilakukan supaya usaha Anda bisa langsung dijalankan.

Untuk itu, ijinkan saya bercerita…

*) NB: Artikel ini mengandung 3000’an kata yang menjelaskan tentang “tips cara bisnis online secara praktis”, yang barangkali jika Anda baca hingga tuntas, bisa bermanfaat dan merubah hidup Anda.


First Thing First – Catatan Pembuka

Bagi Anda yang masih baru memulai, sebelum kita membahas lebih lanjut, ada baiknya kita coba definisikan dulu apa itu bisnis online.

Menurut saya, bisnis apapun yang dijalankan menggunakan media internet bisa dikatakan BISNIS ONLINE. Jadi arti BISNIS ONLINE itu sendiri memang bisa sangat luas.

Jika kita sudah punya bisnis yang dijalankan secara offline, seperti buka toko baju, toko makanan, toko mainan, atau apapun, kemudian kita buka juga di internet, itu bisa menjadi bisnis online.

Begitu juga ketika kita ingin fokus membangun website untuk dikembangkan menjadi portal online yang memungkinkan banyak orang yang berkunjung, lalu kita pasangi slot iklan untuk mendapatkan penghasilan, itu juga bisa disebut dengan bisnis online.

Baca: pengertian bisnis online

Jadi ini ceritanya: flashback – diawali pada tahun 2009

Saya masih ingat, dahulu waktu pertama-tama mengawali usaha online semua sesuatunya terlihat seperti absurd. Banyak keraguan…

Lalu, ada lah pertanyaan-pertanyaan di diri misalnya :

  • Dapat tidak ya usaha online itu digerakkan?
  • Pas apa tidak ya untuk saya kerjakan?
  • Langkah apa yang butuh saya menempuh agar dapat jalan?
  • Berapakah modal yang akan diperlukan?
  • … serta segudang pertanyaan yang lain.

Beberapa usaha yang pernah lakukan lewat online, diantaranya jualan pulsa, jual handphone, jual minyak atsiri, real estate property, jual pakaian batik, jual produk herbal, jual produk digital, serta service pengerjaan web.

Beberapa ada yang saya lanjutkan, serta beberapa mandeg.

Nah, dari pengalaman saya itu, walau tidak ada dasar tentu beberapa langkah seperti apa yang sebetulnya harus dikerjakan, menurut saya dengan singkat ada 5 hal penting yang dapat kita buat persiapan.

Apa itu?

Langkah Usaha Online Buat Pemula

Di bawah ini ialah langkah-langkah langkah mengawali usaha online yang dapat diaplikasikan buat pemula, diantaranya :

Tingkatan awalan ini condong banyak terkait dengan jual lewat internet, penjabarannya ialah seperti berikut, tetaplah menyimak…

#1 – Punya Pola pikir Usaha Yang Benar

Pesan ini mungkin mungkin seringkali Anda dengar.

Tetapi ingat, yang akan Anda kerjakan ialah membuat BISNIS. Hingga mempunyai pola pikir usaha yang benar serta sikap mental yang positif, ialah PENTING.

Coba Anda simak juga artikel ini, saya telah menjabarkannya lebih detail di sini, silakan click :

  • Membuat pola pikir yang benar mengenai usaha online.

Kita harus juga berpikir untuk membuat asset, dimana asset itu nanti yang akan kerja untuk kita.

Jangan pernah saat kita telah sukses membuat usaha sampai sulit payah, tetapi pada akhirnya mengorbankan beberapa hal yang lain karena hanya aktivitas kita mengatur usaha.

Anda tentu saja ingin mempunyai waktu bersama dengan keluarga, beberapa orang terkasih, atau lakukan beberapa hal berguna yang lain kan?

Bila Anda masih kerja pada usaha Anda, karena itu Anda ialah karyawan pada usaha Anda sendiri. Tapi bila yang Anda kerjakan ialah bagaimana membuat usaha Anda makin berkembang, seperti dari 1 jadi 2, dari 2 jadi 10, dst, karena itu Anda ialah pelaku bisnis.

Serta sama dengan type usaha yang lain, saat Anda putuskan untuk membentuk bisnis online tentunya ada banyak hal yang perlu Anda lihat, misalnya:

  1. Modal.
  2. Produk yang akan di jual.
  3. Pasar yang akan dibidik.
  4. Taktik pemasaran.
  5. Keberlangsungan usaha serta trend usaha.

Karena itu, sebelum pikirkan beberapa hal itu, benahi dahulu pola pikir Anda.

Unsur penentu keberhasilan satu usaha, 95% dipastikan oleh kualitas pribadi manusia. Ini ialah beberapa hal yang sifatnya non-teknis. Serta bekasnya ialah yang sifatnya tehnis.

Anda bisa memiliki ketrampilan membuat satu situs yang hebat, dengan beberapa feature serta penampilan yang bagus. Atau, bisa Anda benar-benar pakar pada suatu bagian.

Tetapi bila Anda tidak memiliki visi pada potensi Anda, tidak memiliki semangat untuk belajar serta bertahan, ya sama juga, usaha Anda akan segitu-segitu saja.

Upayakan agar dapat memberi faedah buat beberapa orang di seputar Anda, dan buat kebaikan sama-sama. Dengan demikian, Anda akan temukan fakta kenapa Anda melakukan bisnis online.

Arah penting kita dalam melakukan bisnis tidak hanya memperoleh pendapatan, agar dapat layani lebih beberapa orang serta lebih berguna buat sama-sama?

Oiya, Anda dapat juga membaca artikel mengenai panduan usaha yang pernah saya catat di halaman lain dalam website ini.

  • Beberapa hal yang butuh dilihat saat mengawali usaha online.
  • Beberapa macam usaha online yang betul-betul online.
#2 – Mulai Dengan Jualan

Langkah ke-2, ialah putuskan apa yang ingin Anda jual.

Sebelum betul-betul jalani satu siklus usaha, Anda harus berlatih jual melalui internet terlebih dulu.

Ya.. JU-A-LAN, JUALAN…!!!

Pikirkan, kurang lebih apa yang ingin Anda menawarkan ke orang lain melalui media online.

Resepnya, silakan tulis, ini penting…

Ini ialah beberapa panduan langkah temukan produk yang akan di jual:

  1. Cari apa yang diperlukan oleh warga, cari apa yang diperlukan oleh beberapa orang di seputar Anda.
  2. Anda ialah masalah solver, Anda ialah pemberi jalan keluar dari persoalan beberapa orang.
  3. Ganti faedah yang dapat Anda beri, jadi satu bentuk transaksi yang sama-sama memberikan keuntungan.

Banyak orang salah langkah pada tingkatan ini. Mereka begitu fokus pada produknya dahulu, bukan pada keperluan beberapa orang. Hingga serta banyak yang roboh sebelum sampai penjualan pertama.

Pendapat saya, lakukan analisa produk, serta sedapat mungkin cari beberapa produk yang cepat laris serta perputarannya cepat. Berarti banyak yang memerlukan atau ada pasarnya.

Bukan apa-apa sich, tapi jika produk kita yang memerlukan begitu sedikit atau pasarnya sempit, umumnya kita akan gampang menyerah sebab dagangan tidak segera laris. *pengalaman pribadi* 😀

Tujuan saya, rasa-rasanya pekerjaan jualan serta usaha kita semakin lebih berasa greget dan menggairahkan bila dikit-dikit HP kita mengeluarkan bunyi atau INBOX e-mail kita penuh dengan e-mail pemesanan produk / layanan kita.

Ya atau ya…?

Tentang type produknya, dapat berupa produk fisik, layanan, atau digital.

  • Contoh barang fisik, sabun herbal, obat herbal, arloji, smartphone, motor, mobil, makanan, pernak-pernik aksesori, rumah serta bangunan, serta apa yang dapat Anda tangkap.
  • Contoh produk digital, dapat berbentuk pulsa, e-book, beberapa produk info, pelatihan online, software.
  • Contoh layanan, dapat dengan sediakan layanan pengerjaan web, layanan online marketing, rental mobil, agen tur & travel, agen umroh & haji, layanan pembayaran ticket pesawat serta kereta api, serta jasa-jasa lainnya.

Tak perlu begitu detail, yang penting Anda memiliki deskripsi besar tentang gagasan Anda serta mengerti skema internet marketing.

Nah, berdasar pengalaman saya , langkah awal ini ialah yang paling berat.

Kenapa?

Sebab kita harus membuat ide usaha, cari inspirasi, cari supplier, serta ingin tidak mau harus juga belajar pengetahuan usaha.

Umumnya kendala yang ada pada babak ini ialah, terkadang kita inginkan semua hal prima. Serta bsia ditebak, pada akhirnya justru tidak berjalan-jalan.

Jika saya bisa memberikan input, untuk step awal ini Anda tak perlu begitu detail dahulu. Anda harus ikhlas untuk menginvestasikan waktu, tenaga, serta mungkin uang, UNTUK BELAJAR.

Awalilah dengan jual produk orang lain, dapat dengan ide dropship, reseller, kemitraan dengan produsen, atau jadi afiliasi produk satu vendor (affiliate marketing).

Misalnya: jualan pulsa, jualan ticket pesawat serta kereta api, agen perumahan & property, agen travel, jual pakaian / produk fashion dengan ide konsinyasi, jual e-book orang lain, jual aplikasi software satu vendor, dan lain-lain.. dan lain-lain.. sangat banyak.

Hingga pada step awal ini Anda tidak dibebani dengan ongkos produksi yang besar serta kerugian juga dapat minimum.

Studi Masalah – Usaha Online PPOB

Jika Anda telah membaca sampai di sini, tapi masih bingung serta belum temukan produk untuk di jual, dapat coba mulai dengan usaha PPOB.

Saat ini kebanyakan orang dapat mendapatkan PASSIVE INCOME dari Usaha Pulsa, PPOB, Ticket, Hotel, dan lain-lain, Tanpa ada MODAL.

PPOB tersebut, adalah singkatan dari Payment Poin Online Bank. Tujuannya ialah service pembayaran online memakai sarana perbankan.

Usaha PPOB ini unik, sebab adalah gabungan di antara usaha online serta usaha off line. Serta Usaha PPOB ini juga sebenarnya ialah usaha besar. Dapat dibuktikan banyak situs marketplace (Bukalapak, TokoPedia, dan lain-lain) ikut jalankan usaha ini.

Buat yang baru mengawali, tidak terkejut menjalankannya. Hingga dapat jadikan batu loncatan serta fasilitas evaluasi untuk usaha online yang lain yang lebih melawan.

Beberapa keuntungan mengawali usaha dengan usaha PPOB, yaitu pasarnya jelas, diperlukan kebanyakan orang, serta produknya dapat digunakan sendiri.

Contoh servicenya, diantaranya:

  • Pembayaran Telkom.
  • Pembayaran PDAM.
  • Tagihan leasing.
  • Pembayaran pulsa semua operator.
  • Pembayaran premi asuransi BPJS, serta asuransi yang lain.
  • Voucher game online.
  • Serta masih banyak.

Langkah menjalankannya juga fleksibel, dapat melalui off line serta online. Serta, buat Anda yang telah masuk, dapat juga jalankan ide usaha afiliasi (affiliate marketing) seperti tadi telah saya singgung.

Ingin tahu? Anda dapat masuk di sini, click → Gabung Usaha PPOB.

Jangan cemas, untuk masuk di usaha ini GRATIS!

Perusahaannya ialah perusahaan yang beroperasi di sektor FINTECH (Finansial Technology) yang telah mempunyai sertifikasi e-money dari Bank Indonesia, serta mempunyai ISO 27001 untuk keamanan skema manajamen data.

Silakan dicoba, mudah-mudahan pas yah

#3 – Bikin Web Jualan Atau Toko Online

Tingkatan ke-3 ialah membuat web jualan atau toko online. Atau juga bisa kita ucap jadi lapak online.

Nanti ini kita pakai jadi tempat jualan online atau berpromosi di internet. Jika kita flashback ke langkah awalnya, kita harus putuskan produk-jasa apa yang ingin kita jual. Bahasa gampangnya, apa yang ingin kita menawarkan pada konsumen setia.

Nah, bila telah bertemu, seterusnya kita harus mempromokan agar orang lain tahu, serta menjualnya supaya kita memperoleh pendapatan. Karena itu, kita membutuhan fasilitas, atau dalam kata tempat lain untuk berjualan.

Salah satunya keuntungan jalankan usaha melalui internet, kita tidak harus memakai tempat dengan fisik, seperti bangunan toko, bangunan ruko, atau gedung yang besar.

“Tempat” dalam soal ini dapat kita alihkan ke satu bentuk “tempat digital” yang dapat dibuka dengan online lewat internet. Tempat itu dapat berupa web, toko online, sosial media, atau situs marketplace.

Sebab kita akan manfaatkan media internet atau berjualan lewat online, karena itu dengan tehnis beberapa langkah langkah jualan online-nya ialah:

  1. Saat step awal, coba berjualan melalui pasar online (situs marketplace), situs sosial media, serta aplikasi social chat terlebih dulu.
  2. Saat Anda ingin lebih serius, Anda mulai bisa membuat web sendiri.

Untuk keterangan yang pertama, misalnya ialah jualan melalui media seperti berikut :

  • Pasar online (situs marketplace) – Bukalapak, Tokopedia, OLX, dan lain-lain.
  • Situs sosial media – Facebook, Twitter, Instagram.
  • Aplikasi social chat – BBM, LINE, WhatsApp, Telegram.

Kenapa saya merekomendasikan cara barusan?

Sebab untuk bikin account di beberapa situs itu gratis, serta langsung bisa kita gunakan untuk promo serta jualan tak perlu membuat skema web nya, penampilannya, dan lain-lain.

Pilih kanal yang kira-kira Anda nyaman serta kuasai, syukur-syukur dapat gunakan semua. Tapi jika belum dapat ya pendapat saya minimum dalami yang Facebook serta Instagram.

Serta spesial untuk yang aplikasi social chat, sebetulnya itu lebih pas untuk fasilitas komunikasi dengan konsumen setia atau prospek. Seperti jika cocok ingin transaksi, tanya-tanya detail produk, serta konfirmasi pembayaran.

Tapi contoh ingin digunakan untuk promo juga dapat juga, seperti broadcast pesan massal. Tetapi jangan terus menerus ya, kadang-kadang tidak apa-apa lah, untuk menginfokan produk baru ke konsumen setia. Soalnya jika sering, bisa-bisa justru konsumen setia jadi kurang sreg.

Untuk keterangan langkah ke-2, yaitu dengan membuat web sendiri, maksudnya kelak web ini akan kita untuk jadikan lapak online atau workshop RESMI usaha kita di dunia maya.

Keuntungannya, jika kita telah mempunyai web sendiri, yang akan datang dapat kita untuk jadikan PUSAT tempat referensi saat kita akan menebar promo online melalui media sosial, komunitas, marketplace, atau situs jualan yang lain.

Jadi jika kita pasang status di situs media sosial, komunitas, dan lain-lain, kan bertambah bagus jika dibagian bawah status itu kita kasih link ke arah situs kita.

Hehe, benar??

Situs marketplace, media sosial, serta komunitas online, dapat dimisalkan seperti Mall / Pasar / Tempat Berkerumunnya Orang Banyak di dunia online. Sedang web, dapat dimisalkan Kantor / Toko kita di internet.

Terkadang ini dapat juga jadikan patokan apa satu orang itu serius dalam jalani usaha online ataukah tidak. Dengan mempunyai web, umumnya orang lain bisa menjadi lebih mantab saat akan bertransaksi dengan kita.

Dalam proses pengerjaan web, Anda semakin lebih banyak bergelut dengan beberapa hal yang sifatnya tehnis, seperti belajar meng-install aplikasi web, serta mungkin sedikit belajar bahasa pemrograman situs.

Tak perlu cemas, jangan cepat-cepat katakan “saya gaptek”, “nggak tahu teknologi”, “saya bukan anak kuliahan”, serta beberapa kata semacam yang lain.

Sebab web yang akan kita bikin ialah type web yang praktis, tidak gunakan repot. Arti kerennya, tinggal “plug and play”… pasang lalu pakai…

Apalagi, disini rintangannya dalam melakukan bisnis online.

Jika Anda masih bingung, jangan cemas, silakan baca kelompok panduan langkah membuat web di website ini.

Seterusnya, kita akan memerlukan nama domain serta hosting untuk bikin web.

Text in panel

Seperti bangunan toko, nama domain ialah alamat toko Anda. Jadi upayakan saat Anda putuskan untuk bikin nama domain, cocokkan dengan nama Anda, atau tema web Anda, atau type usaha Anda.

Serta untuk hosting, bila memakai analogi bangunan toko di atas, hosting itu seperti tanah. Makin besar kemampuan hosting, maka semakin luas juga ukuran tanah toko Anda.

Jadi harus diingat, domain serta hosting adalah satu kesatuan, serta tidak dapat dipisah untuk membuat satu web.

Mengenai bagaimanakah cara membuat web nya, dapat dengan cara web gratisan serta web berbayar.

Seperti apa? Akan saya ulas singkat di sini.

1. Web Berbayar

Langkah berikut mewajibkan kita memakai domain serta hosting sendiri. Berarti, kita harus cari nama domain untuk alamat web kita, dan menyewa hosting untuk dipadukan dengan domain itu.

Jika saya bisa jujur, langkah berikut ialah paling saya merekomendasikan. Keuntungannya banyak, serta diantaranya dengan mempunyai alamat domain sendiri, usaha online kita akan berasa lebih profesional di mata customer serta lebih diakui.

Nanti kita dapat mempunyai alamat web mirip contoh seperti berikut:

www.anekahp.com
www.semarangarea.com

Untuk step permulaan, Anda mungkin tidak membutuhkan kemampuan hosting yang begitu besar.

Anda dapat mempersiapkan uang 150 ribu untuk sewa hosting, serta 100 ribu untuk beli nama domain (keseluruhan umumnya rata-rata 250 – 350 ribu).

Tetapi ingat, nama domain cuma berlaku untuk satu tahun, jadi tahun kedepan bila Anda masih ingin memakainya, Anda harus lakukan perpanjangan. Begitupun untuk hosting.

NB: Untuk panduan bagaimanakah cara pilih nama domain serta paket hosting yang sesuai dengan keperluan, dapat mengacu ke artikel ini, click:

  • Panduan pilih nama domain.
  • Panduan pilih paket hosting.

2. Web Gratisan

Mungkin buat kita yang betul-betul barusan mengawali, akan berkata…

Duh, memakai domain serta hosting sendiri membutuhkan ongkos, serta saya masih sangsi untuk menggunakannya…

Ehm… tenang…

Berita baiknya Anda masih dapat membuat web dengan gratis. Bacalah artikel ini, silakan click:

  • Langkah membuat web dengan website gratisan

Sepengetahuan saya, ada banyak penyuplai website gratisan yang cukup sudah populer, salah satunya ada WordPress, Blogspot, Typepad, Posterous, Tumblr, serta masih banyak.

Tetapi bila saya bisa merekomendasikan, gunakanlah WordPress atau Blogspot. Sebab ke-2 penyuplai website itu banyak diketahui oleh beberapa pemakai internet di dunia, serta menurut saya lebih gampang diketahui oleh mesin perayap seperti Google, Yahoo, serta Bing.

Contoh alamat web yang memakai sarana web gratisan, skema susunan penamaannya kira-kira semacam ini:

  • WordPress = http://bisnissaya.wordpress.com
  • Blogspot = http://bisnissaya.blogspot.com
  • Tumblr = http://bisnissaya.tumblr.com

Anda dapat lihat, ada embel-embel nama penyuplai sarana web gratisan itu.

Walau memakai web gratisan terkadang dipandang kurang profesional, tapi langkah berikut masih lumayan untuk step awal.

Nanti saat usaha Anda telah mulai berjalan, serta mulai ada penghasilan, Anda dapat memperhitungkan untuk upgrade memakai domain serta hosting berbayar.

Panduan Membuat Web (Sederhana is The Best)

Ini ialah contoh web yang pernah saya bikin, serta telah dapat dibuktikan datangkan penjualan berulang-kali.

Untuk langkah membuatnya, silakan lihat posting ini:

  • Web toko online simpel memakai WordPress

Mungkin ada banyak dari Anda yang merasakan masih kesusahan untuk bikin web, atau belumlah ada waktu untuk belajar membuat web sendiri.

Jalan keluarnya, bila Anda tetap ingin membuat web usaha yang profesional serta mungkin dengan nama domain sendiri, Anda dapat meng-outsource-kan ke penyuplai layanan pengerjaan web yang tersedia banyak di internet. Atau mungkin saja meminta tolong dibuatkan rekan Anda yang biasa membuat situs.

Bagaimana, masih ingin lanjut? Baca langah ke empat berikut ini…

#4 – Promo Online


Sesudah web jadi, Anda dapat mengisinya dengan info produk / layanan yang Anda punya. Isilah web dengan content yang memberikan keyakinan.

Jangan copy-paste.

Pakai beberapa kata yang patut untuk Anda tunjukkan di web, sebab ini bisa menjadi fasilitas promo serta kantor online Anda.

Untuk materi content web-nya, tunjukkan yang simpel-simpel saja dahulu, serta sedapat mungkin berisi info seperti berikut:

  • Profile usaha.
  • Galeri gambar produk / layanan dan infonya.
  • Alamat usaha komplet dengan mengontak Anda.
  • Langkah pemesanan serta form order nya.
  • Simbol usaha / usaha.

Tentang simbol, menurut saya itu tidak bisa dipandang remeh. Sebab dapat bawa efek yang mengagumkan buat entitas usaha serta usaha Anda. Yaitu pernyataan serta trust / keyakinan dari calon customer atau konsumen setia.

Untungnya, walau Anda bukan satu orang pakar design, Anda tak perlu cemas. Sebab kita dapat manfaatkan sarana pengerjaan simbol di Canva.

Di Canva, kita dapat membuat simbol dalam beberapa saat. Benar-benar gampang, praktis, serta hasilnya juga ciamik. Saya telah memakainya hampir 2 tahun ini.

Silakan datangi websitenya di : Canva.com

Promosikan…

Ya, jika content web telah ada, ditambah lagi seterusnya jika bukan mempromokan web usaha Anda. Maksudnya untuk memperoleh kunjungan / lalu lintas ke web kita.

Anda dapat mengawalinya dengan manfaatkan situs media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, serta situs media sosial lain yang Anda memahami.

Setahu saya, ini ialah langkah paling cepat untuk menyebarluaskan info usaha Anda. Ditambah lagi bila Anda memiliki jumlahnya rekan / pengikut yang cukup sudah banyak, itu akan menolong.

Selanjutnya, Anda dapat juga mulai memajang produk atau layanan Anda di beberapa situs direktori usaha, situs komunitas seperti Kaskus, serta beberapa situs marketplace seperti Bukalapak – Tokopedia – OLX, dan lain-lain.

Diluar itu, untuk tingkat promo yang lebih “advance”, yaitu lewat mesin perayap seperti Google, Yahoo, Bing dengan tehnik SEO.

Ini lebih tehnis, sebab kita harus mengerti langkah optimisasi situs agar dapat menempati halaman pertama pada suatu mesin perayap, dalam kata kunci tersendiri. Tetapi malah dengan mengerti skema SEO ini, pola pikir usaha serta internet marketing kita semakin lebih tajam.

Ohya, seperti tadi saya singgung di “Langkah Ke-3 – Membuat Website”. Web yang kita bikin barusan akan kita untuk jadikan pusat referensi dari promo online yang kita kerjakan.

Tujuannya, sesudah beberapa orang memperoleh info mengenai produk / layanan Anda dari situs media sosial, direktori usaha, komunitas, marketplace, atau Google serta mesin perayap yang lain, tentu saja mereka ingin tahu siapa sich yang jualan produk / layanan itu. Serta selanjutnya mereka akan berkunjung ke situs Anda untuk memperoleh informasi lebih dalam mengenai siapa Anda serta apa produk Anda.

Ini momen!

Jangan pernah kita kehilangan prospek sebab kita tidak punyai “kantor online” dikarenakan oleh kurang percayanya calon customer pada presensi online kita.

Apakah itu?

Ya, web yang barusan kita buat…

Jadi betul-betul gunakan momen ini untuk memberi tanggapan yang memberikan keyakinan.

Seterusnya, bangun jalinan dengan beberapa pengunjung, berikan info yang mereka perlukan.

Mungkin mereka tidak langsung beli produk Anda, tetapi saat mereka memperoleh info yang diperlukan, karena itu keyakinan mereka akan tumbuh, hingga peluang mereka beli produk pada Anda akan makin besar.

Sasaran penting dari pendayagunaan web kita, ialah berlangsungnya kontak pertama dengan calon customer.

Seterusnya, itu terserah Anda. Ingin gunakan follow up by e-mail kah, by phone kah, atau kunjungan langsung on the spot kah, silakan.

Rangkuman : CTPM is the key.

  • C = Konten
    Bikin content yang informatif serta sesuai dengan sasaran customer.
  • T = Traffic
    Datangkan lalu lintas lewat mesin pencari / media sosial / getok tular.
  • P = Pre-selling
    Bangun jalinan dengan beberapa audiens / pengunjung.
  • M = Monetisasi
    Menawarkan jalan keluar yang diperlukan oleh calon customer.

#5 – Tutor serta Lingkungan Yang Positif

Buat Anda yang akan belajar usaha online lebih serius, saya anjurkan untuk mulai cari tutor. Dialah yang akan “membimbing” Anda pada saat-saat awal membentuk bisnis, baik dengan cara langsung atau tidak langsung.

Tutor ini dapat rekan Anda, orangtua, saudara, guru, dosen, atau pebisnis yang Anda kira telah sukses dalam sektor bisnis yang ditekuninya.

Mereka telah lewat proses jatuh bangun serta manis pahit getir dan asam garam dalam membentuk bisnis serta kehidupannya, hingga Anda dapat belajar dari pengalaman prosedurnya. Serta telah seharusnya kita menyimpan hormat pada beberapa tutor kita ini, sebab dari mereka lah wasilah pengetahuan hidup serta pengetahuan usaha itu dapat sampai pada kita.

Adanya tutor ini, Anda dapat percepat proses trial and error yang Anda perlukan sepanjang berproses ke arah pucuk.

Diluar itu, bersatulah dengan komune usaha serta komunitas-komunitas lain yang memberi dukungan arah Anda, dan milikilah lingkungan yang positif. Ini akan memberi dukungan proses belajar Anda agar lebih aman serta terukur.


Silahkan gabung untuk nambah wawasan tentang bisnis online, dan belajar bareng saya di Facebook, klik disini →

Makin seringkali Anda berjumpa, bergabung, serta berdiskusi dengan beberapa orang yang satu vibrasi serta satu visi, Anda akan temukan beberapa kesempatan serta suport untuk sama-sama dukungan, share semangat, serta pengetahuan. Itu ialah asset penting yang butuh Anda punya untuk mengambil langkah maju.

Tentu saja, punya niatan untuk menolong lainnya, jangan cuma kebutuhan kita saja yang diurusi.

Hidup itu GIVE AND TAKE, berarti kita GIVE dahulu, baru TAKE. Beri dahulu apa yang kita punyai, baru kita temukan hikmah dari apa yang kita beri.

Di bawah ini ialah beberapa referensi tempat belajar usaha online, yang diampu oleh beberapa tutor serta pegiat yang telah memiliki pengalaman, serta insya Allah pas buat Anda yang ingin mengawali belajar usaha online:

1. Cafebisnis

Salah satunya tempat belajar usaha online yang mempunyai komune usaha yang lumayan besar. Diasuh oleh Lutvi Afandi, salah satunya legenda internet marketing serta usaha online di Indonesia. Materinya lengkap, tips A-Z urut serta rapi. Enak sekali ngikutin nya.

Cek di sini → Tips Usaha Online by Cafebisnis (aff)

2. Tips Usaha Online

Diampu oleh Satria Rasyid, satu orang internet marketer full time sejak tahun 2014. Beliau telah pelajari serta mempraktikkan beberapa jenis type usaha online, dari mulai Tehnik SEO, Toko Online, Produk Digital, Afiliate, dll. Sampai sekarang telah mempunyai 3 pelatihan usaha online, yakni: Pelatihan SEO Platinum (best seller), Tips Sukses Toko Online, E-book Rahasia Tehnik SEO. Jumlahnya anggota yang sudah masuk ada 1000+ anggota. Anda dapat belajar darinya serta sekaligus juga mempraktikkan pengetahuan usaha online pada usaha Anda.

Cek di sini → Tips Usaha Online by Satria Rasyid (aff)

Kira-kira, itu deskripsi besar lima langkah bagaimana mengawali usaha online buat pemula. Mudah-mudahan dapat Diambil intisarinya serta dapat diterapkan pada keadaan Anda sekarang.

Take action serta eksplor kekuatan Anda. Percayalah, Anda tentu dapat!

Terakhir…

Sampailah di akhir artikel ini.

Apa yang saya tulis di sini, masih jauh dari kesempurnaan. Sebaiknya Anda melengkapi dengan sumber bacaan lain, atau rujukan dari pegiat yang menurut Anda mereka telah sukses di bagian ini.

Bila di rasa panduan langkah usaha online ini berguna, silakan bagi pada rekan, saudara, serta pasangan Anda, serta khususnya buat beberapa orang yang sedang memerlukan penambahan pendapatan agar dapat selekasnya take action untuk pergantian kehidupan yang lebih baik .

Click like serta sharing tombol media sosial berikut ini, atau click serta tweet posting ini.

Terima kasih, mudah-mudahan kebaikan selalu mengikuti Anda sekaligus.

Salam sukses! Semangat!

Sumber : webhostmu.com

Tags:
 
Next Post
pengunjung website
Tips Bisnis

5 Strategi Cara Mendapatkan Pengunjung Di Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *